| STIE Muhammadiyah Cilacap

Author Archives: admin

STIE Muhammadiyah Cilacap Menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan KPP Pratama Cilacap

Hubungan kerja sama STIE Muhammadiyah Cilacap dengan KPP Pratama makin erat, dibuktikan dengan ditandatanganinya Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua instansi tersebut.

Bertempat di ruang kerja kepala KPP Pratama, Atmo yang menjabat sebagai Kepala KPP Pratama menyambut hangat kedatangan Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap, Tri Nurindahyanti Yulian, S.E.,M.Si, Ak Rabu, 20 Maret 2019. Penandatanganan Nota Kesepakatan ini disaksikan oleh pejabat kedua belah instansi. MoU ini diharapkan mampu memberikan hal-hal positif untuk kedua belah pihak, dan diharapkan mampu menjadi manfaat dan pengembangan ilmu terutama dalam ilmu perpajakan dan hal terkait lainnya.

Pada kesempatan kali ini, Kepala KPP Pratama menyampaikan terimakasih kepada STIE Muhammadiyah Cilacap karena telah menjadi rekan kerja sama dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan ilmu pajak dan sosialisasinya. Diharapkan, adanya 9 mahasiswa STIE Muhammadiyah Cilacap yang Magang Kerja di KPP Pratama mampu membuktikan bahwa kerja sama antara kedua belah pihak kedepannya akan semakin baik dan bisa bermanfaat satu sama lain.

Kedua Belah Pihak menunjukkan Nota Kesepakatan

Tri Nurindahyanti Yulian juga menyampaikan terimakasih kepada Kepala KPP Pratama dengan adanya penandatangan kerja sama ini, diharapkan dengan adanya MoU ini bukan hanya sekedar hitam di atas putih, namun bisa mengimplementasikan ke kegiatan yang real, yaitu selain 9 Mahasiswa Magang di KPP Pratama, juga sangat diharapkan akan diadakan Kuliah Umum Perpajakan dalam waktu dekat dengan menghadirkan KPP Pratama sebagai Narasumber untuk berbagi ilmu.

BAWASLU Adakan Sosialisasi Kepada Mahasiswa Jelang Pemilu di STIE Muhammadiyah Cilacap

Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan diadakan pada tanggal 17 April 2019 hanya tinggal menunggu hitungan minggu, namun banyak masyarakat yang belum tahu siapa-siapa saja yang mencalonkan diri dan pada daerah pemilihan mana mereka akan memilih.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai lembaga yang memang dimandatkan untuk mengawasi jalannya pemilu agar pada pelaksanaannya bisa berjalan dengan jujur, adil, dan jauh dari kecurangan, memberikan sosialisasi kepada instansi-instansi dan daerah yang memang perlu untuk diadakan sosialisasi tersebut.

Pada Sosialisasi kali ini, yang memang menjadi sosialisasi ke-6 untuk Bawaslu dalam memberikan pengarahan kepada masyarakat, diadakan di Aula Kampus STIE Muhammadiyah Cilacap. Dalam pembukaannya, Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap, Tri Nurindahyanti Yulian, S.E., M.Si, Ak menyampaikan agar para mahasiswa betul-betul memahami bagaimana jalannya proses pemilu mendatang, ikut mengawasi agar tidak terjadi kecurangan, dan menggunakan hak suara sebaik-baiknya tanpa paksaan dari pihak manapun.

Sasaran utama untuk sosialisasi pada kali ini adalah kepada mahasiswa-mahasiswa terutama mahasiswa yang menjadi pemilih pemula. Pada kenyataannya mahasiswa memang masih belum banyak tahu, pemilihan apa saja yang akan dilakukan pada 17 April 2019 mendatang.

Bawaslu, yang pada kesempatan hari ini diwakilkan oleh Martin Tri Santoso, menjelaskan apa itu pemilu, bagaimana prosesnya, pemilihan apa saja yang akan dilakukan dan pengarahan lainnya yang memang sangat diperlukan terutama untuk para pemilih pemula.

Martin Tri Santoso (Perwakilan Bawaslu) menjelaskan prosedur jalannya pemilu)

Bawaslu menyampaikan bahwa sebagai masyarakat, harus sadar akan proses pemilu tahun 2019 ini, masyarakat harus bersama-sama untuk mengawal jalannya pemilu agar berjalan dengan lancar. Sesuai dengan slogan Bawaslu yakni, “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Mahasiswa STIE Muhammadiyah Cilacap Magang Kerja di KPP Pratama Cilacap

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabupaten Cilacap yang beralamat di Jalan D.I Panjaitan Kabupaten Cilacap, mengundang mahasiswa dari STIE Muhammadiyah Cilacap untuk mengikuti magang kerja di KPP Pratama. Magang kerja ini akan dilaksanakan selama 1 bulan, yang dimulai dari tanggal 4 Maret sampai dengan 4 April 2019.

Penyerahan Mahasiswa magang dilakukan oleh Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap, Tri Nurindahyanti Yulian, S.E., M.Si, Ak dan diterima oleh Bapak Sahid sebagai Kepala Pelayanan di KPP Pratama.

 

Program yang diadakan oleh KPP Pratama ini diharapkan mampu menambah ilmu dan pengalaman bagi para mahasiswa mengenai dunia pajak dan bisa mengimplementasikan ilmu-ilmu yang mereka dapatkan selama kuliah. Tidak hanya itu, dari KPP Pratama juga mengundang perwakilan dari Kanwil DJP Jawa Tengah II untuk memberi pembekalan kepada mahasiswa magang sebagai relawan pajak.

 

Mahasiswa STIE Muhammadiyah Cilacap KKN di 7 Desa Miskin di Cilacap

 

Kuliah Kerja Nyata atau sering disebut KKN diadakan oleh STIE Muhammadiyah Cilacap untuk tahun ajaran 2018/2019. KKN dilaksanakan selama 1 bulan, dimulai dari tanggal 1 sampai tanggal 31 Maret 2019.

Sebanyak 74 Mahasiswa menghadiri pelepasan dan pembekalan untuk mengikuti KKN di 7 Desa di Cilacap. Pelepasan dan pembekalan dilaksanakan di Balai Desa Jambusari Kecamatan Jeruklegi. Tujuh Desa tersebut adalah, Desa Kamulyan Kecamatan Bantarsari, Desa Jambusari Kecamatan Jeruklegi, Desa Dondong Kecamatan Kesugihan, Desa Jetis Kecamatan Nusawungu, Desa Karangasem Kecamatan Sampang, Desa Karangjati Kecamatan Rejodadi Kecamatan Cimanggu.

Mahasiswa KKN STIE Muhammadiyah Cilacap

Setiap Desa terdiri dari 1 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 sampai 11 mahasiswa. Setiap Kelompok terdiri dari Mahasiswa S1 Akuntansi dan S1 Manajemen.

Pada pembekalan KKN tahun ini, diharapkan mahasiswa mampu mengoptimalkan potensi yang ada di desa-desa tersebut. Mahasiswa dituntut untuk mampu menyalurkan ilmu yang mereka telah dapat di bangku kuliah kepada masyarakat desa.

Pelepasan KKN secara simbolis diwakili oleh 2 orang mahasiswa, yaitu Astika Mega Aprilia (S1 Akuntansi) dan Julian Fanhar (S1 Manajemen). Pada pelepasan KKN kali ini, juga dihadiri oleh perwakilan dari Bupati Cilacap, Perwakilan dari desa-desa yang menjadi tempat KKN lainnya.(admin)

 

Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap, bersama mahasiswa dan para perwakilan dari instansi yang diundang.

Milad Muhammadiyah ke-106, STIE Muhammadiyah Cilacap Gelar Acara Pengajian Akbar, Undang Perwakilan PP Muhammadiyah

STIE Muhammadiyah Cilacap adakan Milad Muhammadiyah 106 Ta’awwun Untuk Negeri
CILACAP- STIE Muhammadiyah Cilacap menggelar acara Milad Muhammadiyah 106 Ta’awwun Untuk Negeri di Aula Lantai 3 Kampus STIE Muhammadiyah Cilacap, Ahad (9/12) kemarin.
Acara Milad Muhammadiyah ini tersebut berupai Pengajian Akbar yang diisi oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ustadz dr Agus Taufiqurrahman, Sp.S, M.Kes. Milad ini dihadiri Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah se- kabupaten Cilacap dan kepala sekolah Muhammadiyah se kabupaten Cilacap.
Kegiatan tersebut diawali dengan membaca Al Quran, dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah, Lagu Hidu-hidupilah Muhammadiyah dibuka oleh Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap Tri Nurindahyanti Yulian, SE, M.Si, Ak.
Dalam sambutannya Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap menyampaikan bahwa STIE Muhammadiyah Cilacap yang kini telah berusia 25 tahun terus berkembang dan berbenah diri menghadapi era industri 4.0
“STIE Muhammadiyah Cilacap yang telah berusia 25 tahun turut serta membangun negeri dengan keseriusan mendidik dan memberikan bekal kepada para mahasiswa berdasarkan visi Islami, berkarakter entepreneur, dan unggul”.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Cilacap, dalam hal ini diwakili oleh H. Haryadi, S.Sos.I mengatakan bahwa STIE Muhammadiyah Cilacap adalah milik kita bersama.
“STIE Muhammadiyah Cilacap adalah amal usaha Muhammadiyah milik kita bersama yang perlu dijaga dan didukung semua pihak, agar semakin bermanfaat untuk umat.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan aksi salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) STIE Muhammadiyah Cilacap yaitu Seni Bela Diri Tapak Suci Putra Muhammadiyah yang telah berhasil meraih Mendali Emas, Perak, dan Perunggu dalam Kejuaraan Nasional Pencak Silat tahun 2018. Ini adalah salah satu bukti bahwa mahasiswa STIE Muhammadiyah Cilacap mampu bersaing dan berprestasi.
Dalam tausiyahnya Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan bahwa Muhammadiyah mampu eksis sampai 106 tahun adalah karena 3 faktor utama:
Pertama, Muhammadiyah adalah Ormas yang merujuk kepada Al Qur’an dan Sunah dalam setiap langkahnya.
Kedua, Muhammadiyah dikelola secara profesional dan sungguh-sungguh sehingga organisasi tumbuh dan berjalan dengan baik, bahkan sampai di manca negara telah banyak dibuka Cabang Istimewa Muhammadiyah di berbagai negara.
Ketiga, Muhammadiyah dikelola oleh orang-orang yang berjuang secara ikhlas.

STIE Muhammadiyah Cilacap, Gelar Wisuda ke 15 Ahli Madya dan Sarjana

Wisudawan Prodi S1 Akuntansi

Sabtu, 17 November 2018 STIE Muhammadiyah Cilacap, melangsungkan wisuda ke 15 Ahli Madya & Sarjana di Fave Hotel Cilacap . Sebanyak 100 wisudawan wisudawati dari tiga program studi telah diwisuda. Lulusan program studi D3 Akuntansi 20 orang, lalu S1 Akuntansi sebanyak 37 orang, dan 43 orang untuk program studi S1 manajemen.

Dalam wisuda pada tahun ini, Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi pada program D3 Akuntansi di raih oleh Nurgita Rahmawati dengan nilai 3,65 predikat cumlaude, S1 Akuntansi Rizqi Amalia Fadilah dengan IPK 3,69 dan Rani Setyawati dari program studi S1 Manajemen dengan IPK 3,88.

Wisudawati Berprestasi dan Orang Tua Wisudawati

Sebagai Wisudawan dengan nilai tertinggi, Rani Setyawati menyampaikan banyak terimakasih kepada STIE Muhammadiyah Cilacap, karena atas bimbingan bapak ibu dosen dan seluruh civitas akademika dia mampu meraih prestasi tersebut.

Tri Nurindahyanti Yulian SE, M.Si, Ak selaku Ketua dari STIE Muhammadiyah Cilacap mengatakan, saat ini STIE Muhammadiyah Cilacap telah memasuki usia ke 25 tahun. Untuk itu STIE Muhammadiyah Cilacap memiliki visi menjadi perguruan tinggi yang berlandaskan nilai-nilai islami, berkarakter entrepreneur dan unggul.

Berdasar kepada visi STIE Muhammadiyah Cilacap, pada kesempatan acara wisuda, Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap memberikan penghargaan kepada wisudawan yang telah sukses dalam menapaki dunia usaha. Dia adalah Suyatno, wisudawan dari program studi S1 Manajemen yang telah berhasil dalam berlaku bisnis.

Dikatakan oleh Ketua STIE  “saat masuk STIE Muhammadiyah Cilacap, baru memulai usaha dan baru memiliki 1 karyawan. Sekarang bisnisnya berkembang pesat. Penghargaan ini diberikan karena dibalik tuntutan bisnis yang dijalankan dia tetap mampu mengikuti perkuliahan dengan baik.’’Jelas Tri Nurindahyanti Yulian.

Penghargaan lainnya juga diberikan kepada Letkol Inf Yudi Purwanto sebagai tokoh inspiratif, yang juga merupakan wisudawan STIE Muhammadiyah Cilacap. Komandan Kodim 0703/Cilacap ini diwisuda untuk program studi S1 Manajemen dan mendapat gelar S.M. Penghargaan ini diberikan karena beliau dinilai mampu menjadi motivasi bagi mahasiswa lain, disamping kesibukan dalam menjalani tugas sebagai komandan kodim, beliau mampu menyelesaikan perkuliahan

Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada wisudawan dan mahasiswa yang Hafidz Al-Qur’an, yaitu Agus Maemun dari program studi S1 Manajemen, Aziz Zahari S1 Akuntansi, dan mahasiswa D3 Akuntansi Agus Priyono yang merupakan mahasiswa tahfidz binaan STIE Muhammadiyah Cilacap. Kemudian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi lainnya yaitu kepada Juara 1 turnamen silat tingkat nasional Faizun Khoerul Anam kategori kelas B Putera, Wahyu Setya  Juara 2 kategori kelas B Puteri, dan Luthfia Rizki juara 2 speech contest.

Wisuda STIE Muhammadiyah Cilacap kali ini, dihadiri oleh para tamu undangan VIP, VVIP, dan orang tua mahasiswa.  Semoga setelah wisuda kali ini, menjadi awal babak untuk para wisuda meraih kesuksesan.

 

page contents